Figur Orang Tua Dalam Mendidik Anak Perempuan 

Ayah dan ibu harus memiliki figur yang berbeda dalam mendidik putra- putrinya. Seorang ayah harus cenderung bersikap keras dan tegas dalam membentuk kepribadian putra-putrinya, begitupun sebaliknya seorang ibu harus memiliki figur yang lemah lembut dan penuh kasih sayang.

Sehingga anak tidak terlalu tertekan dengan keadaan. Karena jika keduanya memiliki figur yang sama misalkan ayah dan ibu bersikap keras dalam mendidik anak, otomatis anak akan cenderung bersikap murung karena ketakutan akan kekerasan yang orangtuanya lakukan.

Begitupun sebaliknya jika keduanya bersikap lemah lembut dalam mendidik anak, si anak akan cenderung bersikap melunjak dan seenaknya sehingga mereka berani menentang dan membantah nasihat orang tua. 

Terutama bagi anak perempuan, didikan orang tua sangat besar pengaruhnya, sehingga perlu adanya keselarasan dan keseimbangan dalam mendidik mereka agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Sebab jiwa seorang perempuan jauh lebih agresif daripada laki-laki.Mereka lebih mudah tersinggung dan tertekan oleh keadaan. 

Membangun Wanita Muslimah Yang Berakhlakul Karimah

Membangun Wanita Muslimah Yang Berakhlakul Karimah

Ada pepatah mengatakan”Buah yang jatuh tak jauh dari pohonnya”.Kita dapat menyimpulkan bahwa sikap dan kepribadian seorang anak tak jauh beda dengan karakter orang tuanya.

Didikan orang tua menjadi faktor utama dalam membangun karakter anaknya terutama wanita muslimah agar senantiasa menjadi wanita yang berakhlakul karimah.

Sehingga pondasi yang paling penting dalam membangun akhlak yang karimah itu ada pada peranan orang tua. Jika orang tua memiliki akhlak yang baik, insya Allah anak-anaknya juga demikian.

Walupun tidak menutup kemungkinan, ada orang tua yang berakhlak karimah tetapi akhlak anaknya berbanding balik.

Hal itu perlu adanya evaluasi yang matang, mungkin saja ada pengaruh lingkungan sekitar yang tidak bisa terkontrol oleh kita. 

Membentengi Wanita Muslimah Dari Hal-Hal yang Dilarang Agama

Membentengi Wanita Muslimah Dari Hal-Hal yang Dilarang Agama
Muslim girl paying respect to mother

Dizaman sekarang, wanita sangat rentan dengan kejahatan lahir dan batin. Tentu saja untuk melindunginya perlu ada benteng pertahanan agar mereka tidak terjerumus pada jurang kesesatan.

Orang tua harus melindungi mereka dan mengingatkan mereka agar tidal sering keluyuran kecuali untuk jalan kepentingan yang diperbolehkan agama dan syar’i.

Hal. ini dilakukan demi menjaga kehormatan dan keselamatan mereka sebagai seorang wanita.

Selalu ingatlah pada pepatah “bahagia setitik, sengsara sepanjang masa”.

Menjembatani Wanita Muslimah Menuju Jalan Yang Diridhai Allah

Orang tua harus menciptakan keluarga yang kondusif dan harmonis dalam mendidik anak. Sehingga si anak akan merasa betah dan nyaman dilingkungan keluarga.

Sebagai orang tua hendaknya ajarkan mereka untuk mengaji dan cara beribadah yang baik dan benar sesuai ajaran agama kita.

Selain itu orang tua harus mampu meningkatkan intelektualitas anak. Jika tidak mampu melakukannya, hendaklah ajak mereka ke majlis ilmu dan majlis dzikir.

Beri apresiasi dan asupan nutrisi bagi mereka agar selalu berada dijalan yang diridhai Allah. Jika anak perempuan telah berada dijalan keridhaan tuhan, tentu saja itu sudah menjadi kesuksesan bagi ayah dan ibunya.

Sehingga dengan mudah mereka akan mengajak ayah dan ibunya menuju pintu surga. Karena seorang anak itu dapat menjerumuskan dan dapat pula menyelamatkan.

Maka jembatanilah mereka kejalan yang indah agar lelahnya menjadi lillah dan mengeluh nya menjadi meng- Allah. 

Menjadi Soko Guru

Soko guru sama dengan suri tauladan. Pendidikan awal seorang anak ada pada orang tua.Ketauladanan yang baik akan membuahkan hasil yang lebih baik pula.

Begitupun sebaliknya, soko guru yang buruk akan membuahkan hasil yang buruk pula. Jangan salah dalam mengarahkan mereka kejalan yang lebih indah. Jadilah teladan yang baik seperti yang telah diajarkan oleh sang uswah hasanah.

Beliau menjelaskan secara terpampang dalam memberi teladan bagi anak perempuan. Khususnya bagi seorang ibu, contohkan mereka cara menutup aurat yang baik,cara bergaul dengan baik dan berbicara dengan bahasa yang baik pula. 

Mendidik anak perempuan untuk melahirkan menjadi wanita muslimah barakhlak baik yang disenangi perlu adanya figur dari orang tua bijak itu sendiri.